Sabtu, 15 Januari 2011

Memahami Kecerdasan Anak Sejak Dini

Memasuki dunia orangtua berarti anda telah siap dengan semua kewajiban yang harus anda penuhi untuk anak-anak anda. Mulai dengan memberikan nama yang baik, memberikan kasih sayang yang cukup kepada anak serta menjaga dengan sepenuh hati. Dunia parenting juga menuntut anda untuk memahami tingkat pengetahuan yang dimiliki oleh anak anda. 

Anda dapat memberikan salah satu permainan edukatif yang dapat merangsang keingintahuannya terhadap alam sekitar dan juga memunculkan sikap ilmiah sejak dini. Beberapa permainan edukatif dimulai dengan memberikan pengawasan demi menjaga hal-hal yang tidak diharapkan dan biasanya anak anda juga akan merasa lebih nyaman jika anda sebagai orang tua menemani anak anda.

Segala kegiatan pengenalan ilmu pengetahuan harus disesuaikan dengan tingkat perkembangan anak karena kemampuan menerima pengetahuan antara satu anak dengan anak yang lain berbeda. Salah satu metode pembelajaran yaitu Teori Experimental Learning dari Carl Roger mengajarkan betapa pentingnya pembelajaran yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan anak. Misalnya anak anda baru memasuki dunia pendidikan pra sekolah berarti anak anda berada pada fase perkembangan pra operasional dan menuju konkret operasional. 

Anda juga perlu memahami betapa pentingnya menjaga perasaan anak anda karena anak dapat dengan mudah mengerti dan ingin mengikuti apa yang anda perintahkan karena anda mengetahui perasaan seperti apa yang anda rasakan pada saat tertentu. Memang, dunia parenting perlu di lakukan dengan rasa ikhlas dan sepenuh hati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar